Sejarah Pasta yang Sangat Beragam

Mengenal Pasta

Pasta ialah makanan buatan yang dipakai pada masakan Italia, yang umumnya dibuat dari adonan tidak beragi dengan bahan tepung gandum durum (semolina) yang digabung sama air atau telur dan dibuat jadi lembar-lembaran atau beberapa bentuk yang bermacam, yang selanjutnya diolah dengan dipanggang atau direbus. Di Indonesia, tipe pasta yang terkenal ialah spageti, lasagna dan makaroni. Tetapi, sebetulnya ada banyak tipe pasta yang lain, seperti vermiseli, fetucini, fusilli, penne, beberapaya dan ravioli.

Dengan bahasa Inggris, pasta ialah panggilan untuk beragam tipe masakan berbahan khusus salah satunya tipe pasta yang dikasih sauce dan bumbu. Pasta datang dari bahasa Italia “pasta alimentare” yang memiliki arti adonan bahan makanan. Dalam makna luas, “pasta” dapat memiliki arti semua adonan seperti adonan roti, bolu atau pastri. Dengan bahasa Italia, pasta yang memiliki arti bahan makanan seperti mi disebutkan pastasciutta.

Bahan Untuk membuat Pasta?

Pasta dibikin dari tepung terigu semolina yang disebut hasil gilingan biji gandum durum digabung telur hingga sedikit warna kuning ceria, apabila diolah secara benar akan hasilkan struktur sedikit kenyal. Pasta bikinan Amerika kerap dibikin dari kombinasi tepung terigu Farina dan Semolina, hingga memiliki struktur yang lebih halus untuk jadi sajian seperti kaserol.

Di luar negara aslinya di Italia, pasta umumnya dipasarkan dalam paket berbentuk kering. Pasta kering dibikin di rumah produksi dengan menggunakan alat yang menggerakkan keluar adonan pasta lewat beberapa lubang saringan. Beberapa bentuk pasta lainnya didapat dengan menggerus adonan pasta jadi lembar yang selanjutnya dipotong- diciptakan atau potong.

Pasta fresh bikinan rumah tangga dan restaurant dibuat dengan tangan sesaat saat sebelum pasta direbus. Waktu masak yang cepat, tetapi pasta fresh tidak kuat lama diletakkan karena berkadar air yang tinggi. Pasta kering dapat bertahan lama diletakkan sampai tiga tahun ataupun lebih hanya karena mempunyai kandungan air sekitar 10%. Pasta yang telah diolah dan tinggal dipanaskan dengan oven gelombang micro kerap ditemui pada bagian makanan beku pasar swalayan.

Sejarah

Makanan serupa pasta banyak ditemui di beberapa tempat di dunia semenjak jaman dahulu. Khususnya di daerah dengan warga yang jadikan gandum sebagai makanan pokok. Gandum yang telah digiling kerap diolah sebagai bubur atau dilumatkan jadi dibikin roti dan tepung. Pasta kemungkinan sebagai alternative dari bubur atau roti, karena pasta sebagai makanan awetan yang dibikin tanpa perlu diolah.

Tercatat paling tua mengenai makanan sama mi diketemukan pada hiasan pusara orang Etruscan di Italia tengah yang dari tahun 400 SM.

Di Tiongkok, mi telah dikenali semenjak tahun 2000 SM berdasar hasil penggalian di website Lajia (Tiongkok barat) yang berada di pinggir Sungai Kuning. Di bawah susunan tanah tipe tanah loess yang tebal di website penggalian yang telah hancur karena gempa bumi dan banjir ditermukan mi warna kuning di panci tanah liat yang kebalik. Panjang mi sekitaran 1/2 mtr. berdiameter 3 milimeter. Hasil analitis memperlihatkan mi dibikin dari tepung biji milet.

Pasta terbagi dalam beragam ukuran dan wujud. Di Italia ada lebih dari 650 tipe pasta dan nyaris tiap tahun terbentuk wujud yang baru. Pasta yang seperti panjang-panjang seperti mi disebutkan spageti, macam yang kurusan disebutkan vermicelli. Macam yang panjang dan gepeng seperti kwetiau disebutkan linguine. Dan versus yang cukup tebal disebutkan fettucine.